Surat Keterangan Bebas Narkoba di Bekasi

Apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba



Surat Keterangan Bebas Narkoba atau yang biasa disingkat SKBN merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh Laboratorium Forensik Polda setempat yang menyatakan bahwa seseorang telah dinyatakan negatif terhadap penggunaan narkoba dalam jangka waktu tertentu. SKBN biasanya diperlukan dalam beberapa hal seperti melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi beasiswa.


Cara Mendapatkan SKBN di Bekasi



Untuk mendapatkan SKBN di Bekasi, seseorang harus melakukan tes urine di laboratorium forensik. Tes urine ini bertujuan untuk mendeteksi adanya zat-zat terlarang dalam tubuh, seperti narkoba. Setelah tes urine dilakukan, laboratorium forensik akan menerbitkan SKBN jika hasilnya negatif.


Proses Tes Urine di Laboratorium Forensik



Sebelum melakukan tes urine di laboratorium forensik, seseorang harus mengumpulkan surat permohonan dari instansi yang membutuhkan SKBN. Setelah itu, seseorang harus datang ke laboratorium forensik dengan membawa surat permohonan, KTP, dan biaya tes urine. Proses tes urine sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama, biasanya hanya sekitar 30 menit hingga 1 jam.


Biaya Tes Urine di Laboratorium Forensik



Biaya tes urine di laboratorium forensik bervariasi tergantung pada daerah masing-masing. Namun, di Bekasi biaya tes urine untuk SKBN sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000.


Masa Berlaku SKBN



Masa berlaku SKBN berbeda-beda tergantung dari instansi yang membutuhkan. Namun, umumnya SKBN memiliki masa berlaku satu tahun.


Penutup



Itulah beberapa informasi mengenai Surat Keterangan Bebas Narkoba di Bekasi. Penting untuk diingat bahwa narkoba adalah suatu permasalahan yang serius dan berdampak buruk pada kesehatan dan kehidupan sosial. Oleh karena itu, mari bersama-sama menjaga kesehatan, keamanan, dan ketertiban masyarakat dengan tidak menggunakan narkoba.

close