Tutorial: Cara Membuat Surat Pengantar Penelitian ke Perusahaan

Pengertian Surat Pengantar Penelitian ke Perusahaan



Surat pengantar penelitian ke perusahaan adalah surat yang berfungsi sebagai permohonan izin penelitian kepada perusahaan. Surat ini menjelaskan secara rinci tentang tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan manfaat yang akan diperoleh dari penelitian tersebut. Dalam surat ini juga terdapat permintaan izin untuk mengumpulkan data dan informasi dari perusahaan yang akan dijadikan sebagai bahan penelitian.


Langkah-langkah Membuat Surat Pengantar Penelitian ke Perusahaan



Berikut adalah langkah-langkah membuat surat pengantar penelitian ke perusahaan:
1. Tentukan tujuan penelitian yang akan dilakukan.
2. Pilih perusahaan yang akan dijadikan sebagai objek penelitian.
3. Buat daftar pertanyaan atau topik yang akan ditanyakan kepada perusahaan.
4. Buat kerangka surat pengantar penelitian yang akan dibuat, dengan memasukkan tujuan penelitian, objek penelitian, dan daftar pertanyaan atau topik penelitian.
5. Tulis surat secara detail dan jelas.
6. Sertakan data diri dan kontak yang mudah dihubungi.
7. Lampirkan daftar pertanyaan atau topik penelitian.
8. Mintalah izin dari perusahaan untuk melakukan penelitian, baik secara tertulis maupun lisan.
9. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih atas izin yang diberikan.
10. Jaga etika selama melakukan penelitian, yaitu menjaga kerahasiaan data, tidak merugikan perusahaan, dan memberikan hasil penelitian yang bermanfaat bagi perusahaan.


Contoh Surat Pengantar Penelitian ke Perusahaan



Berikut adalah contoh surat pengantar penelitian ke perusahaan:
[Alamat penulis]
[Alamat perusahaan yang dituju]
[Tempat, tanggal]
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan [Perusahaan yang dituju]
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [nama], mahasiswa [sebutkan jurusan dan fakultas] Universitas [sebutkan nama universitas], bermaksud untuk melakukan penelitian yang berjudul "[judul penelitian]". Penelitian yang akan saya lakukan ini akan membahas tentang [sebutkan topik utama penelitian].
Saya ingin meminta izin kepada Bapak/Ibu untuk melakukan penelitian di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Penelitian ini akan membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir dan juga memberikan manfaat bagi perusahaan.
Saya akan mengumpulkan data dan informasi dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul akan dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian.
Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberikan izin kepada saya untuk melakukan penelitian di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya juga siap untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di perusahaan.
Demikian surat ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.
Hormat saya,
[Nama dan tanda tangan penulis]


Kesimpulan



Membuat surat pengantar penelitian ke perusahaan tidaklah sulit. Dalam membuat surat ini, yang perlu diperhatikan adalah kesopanan, kejelasan, dan kejelasan isi surat. Dengan membuat surat pengantar yang baik dan benar, maka kita akan mendapatkan izin dari perusahaan dan dapat melakukan penelitian dengan lancar. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi pembaca.

close